Tips Menghilangkan Ketombe


Tips Menghilangkan Ketombe, Kehadiran ketombe yang tidak diharapkan dapat membuat rambut terlihat kotor dan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. ketombe timbul akibat pertumbuhan mikroorganisme pada kulit kepala yang disebabkan tertinggalnya zat kimia pada saat penggunaan shampo atau minyak rambut. Mikroorganisme semakin subur akibat kulit kepala yang terlalu berminyak. Ketombe juga dapat disebabkan akibat jamur.

Penyebab lain adalah karena seseorang mengalami psoriasis yaitu penyakit radang kulit sehingga pergantian kulit lebih cepat dari biasanya, termasuk pada kulit kepala. Hal ini menghasilkan ketombe di kepala. Penyakit lainnya adalah dermatitis seboroik yaitu peradangan kulit yang menimbulkan munculnya sisik pada kulit kepala.

Menghilangkan Ketombe

1. Jaga agar kulit kepala tidak menjadi terlalu berminyak, misalnya dengan keramas secara teratur dan menggunakan minyak rambut secukupnya. Setelah keramas, biasakan membilas shampo sampai bersih. Jangan lupa menjaga kebersihan sisir, karena sisir yang kotor menjadi tempat berkumpulnya jamur.

2. Tips Menghilangkan Ketombe: Mengkonsumsi air putih secara cukup setiap hari ditambah lagi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah cukup dapat membantu menjaga kesehatan kulit termasuk kulit kepala Anda.

3. Untuk menghilangkan ketombe, Anda dapat pula menggunakan shampo yang mengandung selenium sulfida atau salicylic acid.

4. Jangan menggaruk kulit kepala anda, bukannnya menghilangkan ketombe, malahan karena hal itu bisa membuat kulit lecet dan menimbulkan infeksi sekunder

5. akailah shampo anti ketombe secara teratur yang mengandung Zinc Pyrithione (ZPT), karena shampo jenis ini mempunyai efek anti bakteri dan jamur yang dapat mencegah atau mengurangi timbulnya serpihan kulit dan menghilangkan ketombe / rasa gatal di kepala.

6. Tips Menghilangkan Ketombe salahsatunya juga Hilangkan stress. Walau bukan penyebab utama, tapi stress bisa memicu terjadinya ketombe.

7. Hindari pemakaian minyak rambut, gel atau hair spray secara berlebihan karena dapat memicu pertumbuhan jamur kulit.

8. Membatasi makanan dan minuman yang dapat memicu pertumbuhan jamur kulit, misalnya: minuman beralkohol.

9. Menghilangkan Ketombe Ada pula yang memakai santan kelapa setengah cangkir, air nanas dan air jeruk nipis secangkir, dicampur jadi satu untuk keramas. Sesudah itu cucilah dengan air bersih biasa.

10. Makanlah makanan yang mengandung vitamin B untuk menjaga kesehatan rambut, seperti kuning telor, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran.

Semoga bermanfaat …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s