6. Event Game Maker – bagian tiga


Tutorial game maker kali ini merupakan akhir pembahasan dasar mengenai menu Event di game maker. Event yang akan di bahas pada tutorial ini adalah Other Event, Drawing event, Key Pressed dan Key Released Event.

– No More Lives : Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian di dalam game maker yang terjadi pada saat semua nyawa karakter telah habis terpakai, event ini biasanya di gunakan untuk menampilkan layar game over,dll.

– No More Health : Event ini jarang saya gunakan karena fungsinya sangat terbatas, saya mengganti event ini dengan sistem varibel ( pembahasan mengenai variable akan di bahas pada game maker tutorial selanjutnya.

– End of Animation : Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian dalam game yang terjadi pada saat animasi suatu objek berakhir, event ini hanya efektif digunakan bila sprite yang digunakan mempunyai lebih dari satu subimage.

– End of path : Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi ketika suatu objek mencapai batas dari suatu path yang sudah di tentukan ( pembahasan mengenai path akan di bahas pada tutorial game maker selanjutnya).

– Close Button : Event ini hanya akan berfungsi jika kita mendisable fungsi “ treat close button as key yang ada pada global game setting—) other.

– User Definied : Tidak ada penjelasan untuk Use definied karena event ini di buat dan didefiniskan oleh kamu sendiri dengan menggunakan keahlian gml kode.

– Drawing event
Event ini berfungsi untuk menggambar suatu objek , misalnya Health suatu karakter, menggambar poligon ( dalam game 3D ) , dan segala sesuatu yang berhubungan dengan gambar dan settingnya.

– Key pressed dan Key Released Events
Kedua event ini fungsinya hampir sama dengan Keyboard Event, di bawah ini merupakan perbedaan diantara ketiga event tersebut.
– Keyboard Event : Fungsi ini akan terjadi bila pemain menekan dan menahan tombol, event ini biasanya digunkan untuk menggerakan pemain.
– Key Pressed Event: Fungsi ini akan terjadi hanya satu kali yaitu tepat pada saat tombol ditekan sehingga mempunyai jeda waktu, event ini berfungsi untuk membuat karakter dapat menembakan projektil atau peluru kepada musuh.
– Key Released Event: Fungsinya merupakan kebalikan dari key pressed event, sehingga event ini akan terjadi bila pemain berhenti melepaskan tombol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s