4. Membuat Event dalam Game Maker


Pada tutorial game maker sebelumnya kamu telah memepelajari mengenai bagaimana membuat objek dalam game maker. Lalu, pada tutorial game maker kali ini kamu akan mempelajari bagaimana Membuat event dalam suatu objek.

Untuk membuat Event caranya cukup mudah yaitu masuk ke menu objek lagi, lalu klik add event. Di bawah ini merupakan penjelasan fungsi-fungsi tombol yang ada pada menu event.

– Create Event
Menu ini berfungsi untuk membuat suatu event ( kejadian) ketika suatu objek tersebut dibuat. Menu ini biasanya digunkan untuk membuat variable objek dalam game.

– Destroy Event
Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian ketika suatu objek dihancurkan dalam game, menu ini jarang di pergunkan karena menu ini bisa di wakili oleh Action “Destroy Instance”.

–  Alarm Event
Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang kita telah set waktunya, (pembahasan yang lebih terperinci akan di bahas pada tutorial selanjutnya).

– Step Event
Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yan terjadi di saat suatu objek melakukan gerakan misalnya bergerak, melompat, atau menembak. Jika kamu mengetahui gml atau bahasa pemrograman game maker, maka menu ini sangat efektif untuk membuat perintah perintah menu “action” menjadi lebih singkat dan terorganisir.

– Collision Event
Dalam game maker, menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi persis ketika suatu objek bertumbukan atau menyentuh objek lain. Menu ini sangat efektif untuk membuat kejadian seperti apakah yang terjadi bila peluru menyentuh karakter, atau bila karakter menyentuh power-up atau item.

– Keyboard Event
Sesuai dengan namanya, menu ini berfungsi untuk membuat kejadian yang terjadi ketika suatu tombol di keyboard di tekan, misalnya bila keyboard di tekan maka akan membuka jendela inventory atau arah panah untuk menggerakan pemain.

3 responses to “4. Membuat Event dalam Game Maker

  1. destroy instance bs di buat dengan menggunakan kode ini:

    if position_meeting(obj_musuh.x,obj_musuh.y,self) // jika bersentuhan dengan musuh
    { //maka
    destroy_instance() //object yg diberi kode ini akan hancur
    }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s