2. Memasukan Sprites Ke dalam Game


Sprites adalah gambar-gambar yang mewakili objek dalam suatu game, maksudnya bahwa sprite merupakan suatu alat untuk memvisualisasikan objek-objek yang sudah kita buat agar terlihat oleh pemain game. Contoh dari sprites misalnya : gambar karakter, gambar dinding atau gambar item.

( contoh gambar dalam bentuk strips)

Untuk Membuat sebuah sprite dalam game maker sangat mudah yaitu pilih menu Sprites –) create sprites , (ubah dulu game maker menjadi advanced mode untuk mendapatkan hasil yang maksimal; caranya : “File—) Advanced mode”), setelah itu maka akan muncul tampilan berikut ini :

Pada kotak “name”, kamu dapat memberikan nama untuk sprite tersebut. Perlu di ketahui bahwa setiap sprites harus di beri nama berbeda dari sprites lain yang tujuannya untuk memudahkan kita mengelola sprites tersebut.

Untuk Memasukan gambar ke menu sprites klik “load sprite”, setelah itu pilih gambar mana yang akan kamu masukan lalu pilih “open”, jika kamu Memasukan animated gif maka sprite itu akan berubah penjadi potongan animasi.

Ceklis menu “Transparant” untuk membuat background gambar sprite kamu menjadi transparan.

Lalu terakhir menu “edit sprites”, berfungsi untuk melihat preview sprite kamu, menu ini juga bisa berfungsi untuk memanipulasi gambar dari mulai merotasi gambar, menambahkan alpha, dan mengelola gambar strips seperti yang di atas.

Fungsi precise collision checking, smooth edges, preload texture dan lain-lain akan di bahas pada pembahasan selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s